Official Site - Kumpulan tulisan, gambar dan kliping kegiatan Dr. Hj. Een Herdiani S.Sn, M. Hum serta dunia seni tari dan pendidikan

  • last

    Kunjungan ke Lampung: Mengantar Peserta KKN Kebangsaan 2018


    Alhamdulillah, saya berkesempatan berjumpa dengan Gubernur Lampung pada saat jamuan makan malam menjelang Pembukaan KKN Kebangsaan 2018.

    Pada saat berbincang, saya sempat mengusulkan agar dibuka SMK Seni di wilayah Lampung. Usul ini disambut baik oleh Pak Gubernur yang bahkan langsung memanggil orang Dinas Pendidikan untuk menindaklanjutinya. Semoga lekas terwujud.


    Tahun ini, Propinsi Lampung memang mendapat giliran menjadi tuan rumah KKN Kebangsaan dan ISBI Bandung kembali mengirimkan peserta. Saya bersama Dr. Didin, Direktur Kemahasiswaan ISBI Bandung, ikut mengantarkan para mahasiswa dari Jurusan Tari, Karawitan, Teater, Antropologi Budaya, dan Seni Rupa, yang ikut dalam kegiatan tersebut.


    Pembukaan KKN Kebangsaan sendiri berlangsung dengan lancar pada tanggal 22 Juli 2018. Turut hadir dan memberikan pembekalan tentang 4 Pilar Kebangsaan, Ketua MPR RI, DR. (HC) Zulkifli Hasan S.E., M.M., serta Prof. Paulina Panen, Staf Ahli Menteri, mewakili Menristekdikti yang berhalangan hadir.


    Para peserta KKN yang merupakan perwakilan dari 55 Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia akan ditempatkan di 92 desa yang termasuk ke dalam wilayah Tanggamus, Tulang Bawang Barat dan Lampung Timur. Sebelum terjun di masyarakat, mereka diberi pembekalan materi kebangsaan oleh TNI-AL.

    Semoga kegiatan ini membawa manfaat sebesar-besarnya untuk semua pihak, baik para mahasiswa, perguruan tinggi, pemerintah dan masyarakat di daerah yang dijadikan lokasi KKN Kebangsaan tersebut.


    Di sisi lain, dengan adanya KKN Kebangsaan ini para mahasiswa bisa mengenal satu sama lain dan bersama-sama berkegiatan meski berbeda latar belakang budaya dan keilmuan. Mereka terjun ke masyarakat setempat yang juga berbeda budayanya. Hal ini dapat memperkuat rasa kebangsaan di antara seluruh peserta.

    Tema KKN Kebangsaan tahun ini sudah sangat menggambarkan semangat itu: "Merajut Kebersamaan dan Kesamaan dalam Kebhinekaan."


    Selain mengikuti acara formal dalam perjalanan kali ini, saya berkesempatan mencicipi Jamu Lampung nan sueger. Alhamdulillah.

    Agenda

    Kabar

    Kontak Kami