Official Site - Kumpulan tulisan, gambar dan kliping kegiatan Dr. Hj. Een Herdiani S.Sn, M. Hum serta dunia seni tari dan pendidikan

  • last

    Pesantren Seni: Revolusi Mental Melalui Seni Religi?


    KAGAMA, bekerjasama dengan ISBI Bandung dan Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman Kemdikbud!! emdikbud, menyelenggarakan kegiatan Pesantren Seni di Kampung Ramadhan. Kegiatan yang sangat positif ini berupa pelatihan 80 orang anak dari Panti Yatim dan Dhuafa Al-Fitroh Banjaran dan diselenggarakan selama 4 hari.

    Para peserta diberi wawasan dan pelatihan seni, di antaranya berupa seni musik/lagu-lagu Sunda yang isinya sarat dengan pendidikan karakter. Syair-lagu karya Dian Hendayana yang diaransemen oleh Yus Wiraz sangat cocok untuk anak-anak tersebut. Lagu-lagu baru yang dibawakan adalah mengenai nilai-nilai budaya lokal yaitu "CAGEUR, BAGEUR, BENER, PINTER, SINGER jeung WANTER" dan lagu-lagu tersebut menlukiskan dengan sangat rinci bagaimana nilai budaya harus dibangun dan dimiliki oleh setiap manusia.

    Sajian lagu-lagu tersebut diiringi tarian. Luar biasa..., angkat jempol untuk KAGAMA Jabar! Sayangnya, pada kegiatan yang merupakan program perdana ini, jumlah penonton belum banyak dan terasa kurang 'rempeg'.

    Kegiatan seperti ini merupakan salah satu strategi dalam program revolusi mental bagi anak-anak bangsa yang sekarang sudah cenderung meninggalkan nilai-nilai budaya lokal yang adiluhung. Semoga ini akan menjadi program pemerintah khususnya di Jawa Barat untuk direalisasikan di sekolah-sekolah.

    Rencana Direktur Kesenian Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman Kemdikbud untuk membawa sajian tadi malam dan ditampilkan di hadapan Mendikbud merupakan pemikiran yang harus didukung oleh kita semua. Revolusi mental dapat digerakkan melalui seni budaya dan ISBI siap bergerak untuk ikut berperan mewujudkannya. Besar harapan kita, ada keberpihakan dan dukungan penuh pemerintah sebagai pemangku kebijakan.

    Agenda

    Kabar

    Kontak Kami