Official Site - Kumpulan tulisan, gambar dan kliping kegiatan Dr. Hj. Een Herdiani S.Sn, M. Hum serta dunia seni tari dan pendidikan

  • last

    Sepintas Kilas Mengenal Een Herdiani

    Dr. Hj. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum. dilahirkan pada tanggal 6 Juli 1967, di kota manis Ciamis. Masa kecil dihabiskannya di bawah naungan kasih sayang dan dukungan keluarga yang bersahaja, di kota kecil di wilayah tenggara Jawa Barat tersebut. Kedua orang tuanya mewariskan kedekatan dengan dunia tari dan seni pertunjukan sejak Nenet -panggilan Een- masih berusia belia. Peran Sang Ibu cukup dominan, di antaranya dengan mengajak Een kecil 'mengamen' di panggung sandiwara tradisional. Bakat menari yang sudah terlihat sejak kecil, lebih terasah lagi ketika ia berada di bawah bimbingan guru seni tari di bangku SMPN 1 Ciamis.

    Berbekal tekad kuat untuk memilih seni tari sebagai jalan kehidupan, Een kemudian melanjutkan sekolah di SMKI di Kota Bandung. Tahun 1989 ia menyelesaikan program D3 Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Bandung pada Jurusan Tari. Keinginan menuntut ilmu yang sangat besar mengantarkannya menempuh pendidikan lanjutan, hingga lulus program S1 diSekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Surakarta Tari pada tahun 1992. Tahun 2000, gelar S2 diraihnya pada Program Studi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Terakhir, pada tahun 2012 ia meraih gelar doktornya dalam Program Studi Sastra/Sejarah di Universitas Padjadjaran Bandung.

    Karir Een sebagai PNS di institusi tempatnya bekerja, Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI), benar-benar dimulai dari bawah. Ia sempat menjabat sebagai staf pada Studio Tari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung (1994-1996), menjadi Sekretaris Jurusan pada Jurusan Tari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung (2000-2003), Sekretaris P3AI Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung (2005 - 2008) dan kemudian menjabat sebagai Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung (2012 - 2013). Kini Een diamanahi menjadi nahkoda institusi tempatnya bernaung, sebagai Ketua STSI Bandung.

    Sebagai pengajar, Een memiliki pengalaman cukup lama di berbagai mata kuliah yang dipegangnya, di antaranya: Dasar/Teknik Tari, Tari Wayang, Pengetahuan Tari, Olah Tubuh, Pencak Silat, Kritik Tari, Metode Penelitian, Metode Penelitian Lapangan, Sejarah Kebudayaan Indonesia, Sejarah Tari, Sejarah Seni dan Kajian Seni. Berbagai pelatihan profesional juga pernah diikutinya.

    Selain mengajar dan mengisi jabatan struktural, Een termasuk penulis yang produktif. Berbagai tulisan sudah diterbitkan sebagai buah karyanya, di antaranya: ”Peran dan Citra Perempuan dalam Tari Sunda”, Panggung No. 4 Vol. 17, Jurnal Seni STSI Bandung (2006), "Doger: Rekonstruksi Warisan Seni Rakyat dari Hiburan ke Pertunjukan, dalam Folklor dan Folklife Dalam Kehidupan Dunia Modern", yang ditulisnya sebagai prosiding di Yogyakarta. Berbagai tulisan lain disampaikannya di berbagai kesempatan temu ilmiah maupun jurnal yang diterbitkan oleh berbagai pihak.

    Sebagai penari, Een mendapat kesempatan mengikuti berbagai kegiatan tak hanya di dalam negeri, maupun luar negeri. Beberapa negara yang dikunjunginya, sebagai duta seni, di antaranya Belanda, Jeraman, Perancis, Viena, Malaysia, Bosnia, Madagaskar dan terakhir pada tahun 2013 ke Kazakhstan.

    Totalitas Een Herdiani dalam menggeluti dunia tari dan pendidikan, secara bertahap akan disajikan di dalam situs Tarian Kehidupan yang sederhana ini. Semoga sedikit banyak membawa manfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungan, tanggapan dan komentar yang ditinggalkan.

    Agenda

    Kabar

    Kontak Kami